Benih Online :
Home » , , , » Melon Kiwano ( Timun Landak, Timun Berduri )

Melon Kiwano ( Timun Landak, Timun Berduri )

Penulis : Unknown on Selasa, 05 Februari 2013 | 07.48

Melon Kiwano ( Timun Landak, Timun Berduri ) 

Sahabat Info Tanaman, kesempatan kali ini kita akan membahas tentang buah unik dari dataran Afrika, apaya ? Simak yuk.

Buah Kiwano (cucumis metuliferus) atau dikenal dengan sebutan melon bertanduk / timun berduri adalah buah yang berasal dari benua Afrika. Buah ini masih satu keluarga dengan buah melon, timun, dan semangka. Bentuknya unik, bulat lonjong dengan tonjolan-tonjolan lancip di kulitnya.  Panjangnya sekitar 10 sampai 15 cm. Jika dibelah, daging buahnya berwarna hijau seperti jelly.
Sepintas penampilannya seperti buah markisa, karena banyaknya biji yang terdapat pada daging buahnya. Teskturnya lunak dan ringan di mulut, dan bijinya halus putih seperti timun dan aman dimakan. Buah ini selain dimakan begitu saja, dapat dibuat jus atau dipotong sebagai hiasan kue dan dessert. Buah kiwano ini rasanya manis sedikit masam seperti kombinasi pisang, ketimun, dan lemon.

Sahabat Info Tanaman Buah kiwano ini kaya akan serat dan berbagai vitamin antara lain vitamin A dan C.  Vitamin C merupakan salah satu antioksidan kuat, sehingga buah kiwano tidak jarang disebut sebagai buah antioksidan. Buah kiwano mengandung zat besi lebih tinggi ketimbang buah sejenisnya, semisal melon dan semangka. Setiap 100 g daging buah kiwano mengandung 1,13 mg zat besi, sedangkan semangka 0,24 mg dan melon 0,17 mg.  Selain itu buah kiwano juga kaya akan betakaroten  hingga  88 mikrogram.

Di negara asalnya Afrika, buah kiwano ini dapat tumbuh alami di ladang maupun semak-semak.  Tanaman  kiwano  dapat tumbuh dengan subur di daerah bersuhu sekitar 25° C.  Saat ini kiwano sudah banyak ditanam di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya harga buah ini masih cenderung mahal. Hal ini merupakan peluang dan tantangan  bagi  petani kita untuk lebih giat menanam tanaman kiwano, mengingat iklim di  Indonesia  yang  sangat  mendukung.
Ingin lihat seperti apa tanaman Kiwano…? silahkan
Sahabat Info Tanaman cari google, banyak contohnya.

(dikutip dari berbagai sumber)

Bila pengen memiliki bisa kontak kami.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

11 Juli 2013 pukul 01.55

Oooo, ini to kiwano itu.. baru tau bentuknya om

19 Juli 2013 pukul 01.12

Om.. satu buah bisa menghasilkan berapa biji..??

3 September 2013 pukul 23.24

brp harga benihny?

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Info Tanaman . All Rights Reserved.
Design Template by Benih-Online | Support by creating website | Powered by Blogger